Rabu, 6 Juni 2018

KESUBURAN NEGERI PERJANJIAN

Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit,  suatu negeri yang dipelihara oleh Tuhan Allahmu; mata Tuhan, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun (Ulangan 11:11-12)

 Bil. 20:2-8                                   BE. 489:2                         2 Raj. 3:16-19

             Tanah perjanjian digambarkan sebagai tanah yang subur, bergunung-gunung dan lembah, kecukupan air. Itulah yang akan diberikan kepada bangsa Israel. Hal itu dijelaskan untuk membangkitkan semangat dan optimisme mereka menuju negeri perjanjian. Lebih dari itu, Tuhan memelihara dan mengawasi tanah perjanjian tersebut. Tuhan adalah penguasa sejarah dan penguasa alam, semua proses sejarah dan proses alam dikendalikanNya, sehingga menjadi berkat atau kutuk bagi umat manausia.

                Negeri bergunung-gunung tentu tidak dapat diolah dengan teknik biasa seperti di dataran. Namun adanya gunung dan lembah itu untuk menyebabkan mengalirnya sungai itu untuk menyuburkan tanah. Karena persediaan air selalu cukup, maka pengolahan lahan dapat dilakukan secara konfensional tanpa banyak masalah. Tuhan sendiri yang langsung menaruh perhatian kepada negeri yang dijanjikan itu, karena negeri itu adalah milikNya secara khusus, yang Dia berikan kepada umat mililkNya.

                Kita orang percaya sekarang ini adalah juga umat pilihan Tuhan dan telah ditempatkan dimana kita berada. Sebagai umat milik Tuhan, kita juga mendapat perhatian khusus dan selalu diawasi oleh Tuhan. Karena itu, apa pun pekerjaan atau profesi kita sekarang ini, kita harus lakukan dengan penuh tanggungjawab dan ucapan syukur, serta taat melaksanakan perintah-perintah Tuhan.

Doa:       Tuhan, apa pun pekerjaan atau profesi kami sekarang ini, kami yakin itu rancanganMu, sebagai lahan yang subur menghasilkan banyak sukacita. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 6 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.