Selasa, 5 Juni 2018

MAKNA BAPTISAN

Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis  dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan! (Kisah Para Rasul 22:16)

Mzm. 65:10-11                      BE. 278:2+4                            Kel. 2:15b-19

         Setelah ditangkap Tuhan menuju Damsyik, Saulus dalam keadaan buta dituntun menemui Ananias di Damsyik, lalu matanya menjadi dapat melihat kembali. Kemudian Ananias menjelaskan maksud Tuhan, yaitu supaya Saulus yang kemudian bernama Paulus mendengar suara yang keluar dari mulut Tuhan dan bersaksi akan semua yang dia lihat dan dia dengar mengenai Kebesaran Tuhan kepada semua orang (Ayat 14-15). Untuk itu, Paulus diminta untuk tidak ragu-ragu dan segera dibaptis.

                Baptisan adalah legitimasi bahwa yang dibaptis itu adalah milik Kristus dan layak memperoleh kasih karunia dalam Yesus Kristus. Dibaptis merupakan lambang persatuan orang percaya dengan Kristus, dalam kematian, dikubur dan kebangkitanNya. Karena itu, setiap orang yang dibaptis menerima Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat; diselamatkan dari dosa dan maut untuk menerima hidup yang kekal. Baptisan itu ibarat orang yang dipindahkan dari dunia berdosa ini ke Kerajaan Allah, sehingga Allah yang berkuasa bagi yang dibaptis.

                Paulus diminta dibaptis supaya sebagai milik Tuhan yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya terus bersaksi mengenai Kerajaan Tuhan ke semua pelosok bumi. Demikian juga kita yang telah menerima baptisan, seperti Paulus terpanggil untuk bersaksi akan Firman Tuhan dan kebenarannya kepada mereka yang belum percaya, mengajar dan membaptiskan mereka, supaya mereka juga menjadi pengikut Kristus yang setia, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya dan beroleh hidup kekal.

Doa:       Terima kasih Tuhan, kami telah dibaptis dalam namaMu. Ajar dan mampukan kami untuk bersaksi memberitakan FirmanMu kepada banyak orang. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 5 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.