Sabtu, 2 Juni 2018

SIAPAKAH YANG BERBAHAGIA

Kata Yesus kepadanya: Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga (Matius 16:17)

Hag. 2:5-9                                   BE. 471:1                            Yoh. 21:15-17

            Kenapa Yesus mengatakan Simon Petrus berbahagia? Karena Simon mengenal bahwa Yesus adalah Mesias Juruselamat manusia. Murid-murid yang lain hanya mengenal Yesus sebagai salah seorang dari nabi yang datang. Ada juga mengatakan Yohanes Pembaptis, ada yang mengatakan Elia. Mereka sudah bersama Tuhan Yesus tiga tahun lebih, sudah melihat  berbagai mujizat  yang dibuat oleh Yesus, tetapi para murid belum mengenal Yesus sebagai Mesias. Siapa yang mencelikkan mata rohani Petrus mengenal Yesus adalah Mesias? Nats mengatakan: itu adalah karya Allah Bapa.

                Bagaimana dengan umat Kristen dewasa ini? Apakah kita sudah yakin dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias? Bahwa Yesus adalah Allah yang datang dalam rupa manusia karena kasihNya kepada manusia? Untuk itu, Yesus harus mati di Kayu Salib membayar lunas hutang dosa manusia. Tetapi Yesus telah mengalahkan maut dengan kebangkitanNya sehingga kita yang percaya yang telah dibaptis dalam kebangkitanNya menjadi manusia baru.

                Tetapi masih sering kita dengar pernyataan dari orang Kristen bahwa Yesus Kristus sama dengan Nabi Isa. Apakah benar Nabi Isa disalibkan menebus dosa manusia? Apakah Nabi Isa bangkit dari antara orang mati dan naik ke Sorga? Yang Jelas yang mati di Kayu Salib adalah Yesus Kristus; yang bangkit dari antara orang mati adalah Yesus Kristus, yang naik ke Sorga adalah Yesus Kristus, yang akan datang menjemput orang percaya adalah Yesus Kristus. Yang berba-hagia adalah kita yang percaya Yesus Kristus adalah Mesias.

Doa:       Terimakasih Tuhan Yesus, bahwa Engkaulah Mesias Juru Selamat kami. Kami berbahagia karena Engkau telah menebus dosa-dosa kami. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.