KUASA DALAM ROH KUDUS

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi

(Kisah Para Rasul 1:8)

Yoh. 16:13-15                            BE. 729:1                               Yl. 2:28-29

               Nats di atas adalah perkataan Yesus kepada murid-muridNya sebelum Dia terangkat ke Sorga. Yesus juga sudah perintahkan murid-muridNya supaya pergi untuk menjadikan semua bangsa muridNya (Matius 28:19). Sebelum murid-murid pergi ada persyaratan yang harus mereka penuhi yaitu “Roh Kudus harus turun ke atas murid-muridNya“. Pergi memuridkan semua bangsa bukanlah pekerjaan yang mudah. Terlebih lagi para murid-murid itu hanya dari masyarakat kebanyakan yang umumnya dengan latar belakang nelayan, pemungut cukai, bukan dari masyarakat terpandang, bangsawan, cendekiawan atau pengusaha besar. Dari pandangan dunia, mereka bukan apa-apa.

                Tetapi merekalah yang mendapat mandat atau tugas dari Tuhan Yesus untuk pergi memuridkan semua bangsa. Mungkinkah mereka berdebat soal Taurat dengan ahli-ahli taurat dan kaum parisi? Dilihat dari latar belakang pendidikan tidak mungkin. Tetapi apa yang tidak mungkin menurut dunia ini, mungkin bagi Tuhan. Karena tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Merekalah yang dipakai Tuhan.

                Setelah mereka diam di kota Yerusalem mengikuti pesan Tuhan Yesus, turunlah Roh Kudus memenuhi semua murid-murid itu. Mereka diubahkan dan dipenuhi dengan kuasa. Dengan kuasa dan bimbingan Roh Kudus, mereka dapat melakukan mujizat dan bersaksi mengenai Yesus dan kebenaran Firman Tuhan. Demikian juga kita yang mengaku murid-murid Yesus sekarang, dimampukan oleh Roh Kudus untuk melakukan mujizat dan memberitakan Injil.

 Doa:       Tuhan Yesus, penuhilah aku dengan Roh KudusMu, menuntun aku memberitakan Injil, supaya semakin banyak orang percaya dan menjadi muridMu. Amin. (RP)