Jumat, 25 Mei 2018

MENGENAL ROH ALLAH

Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah (1 Yohanes 4:2)

Kis. 20:22-24                               BE. 256:1                            Yes. 44:1-5

          Dalam pasal ini Yohanes menasihati untuk menguji roh, menjelaskan bagaimana menguji roh-roh tersebut, siapa yang berasal dari dunia dan siapa yang berasal dari Allah. Kita dihimbau untuk waspada. Jangan percaya, jangan ikuti setiap roh yang berpura-pura sebagai Roh Allah, atau setiap orang yang mengaku mendapat penglihatan, ilham, pewahyuan dari Allah.” Kebenaran bisa ditiru dan dipalsukan. Kita juga harus cermat, menguji pengakuan-pengakuan yang dibuat terkait dengan Roh: tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah (Ayat 1). Yohanes memberikan pedoman bagaimana kita dapat menguji roh-roh palsu. Roh-roh itu bisa tampil sebagai nabi, ahli agama, atau penguasa dalam agama. Jadi mereka harus diuji melalui pengajarannya, kebenaran Firman Allah atau menyesatkan.

Yesus Kristus adalah Anak Allah, Firman yang kekal, yang telah bersama dengan Bapa sejak mulanya, datang menjadi manusia, menderita dan mati disalibkan. Yesus “datang” menunjukkan bahwa Ia tidak berasal dari dunia. Yesus diutus Bapa dari Surga menjadi manusia. Kenyataan ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Allah dan manusia. Roh Allah yang berdiam dalam diri orang percaya menolong membedakan kebenaran dan kesesatan.

Seseorang bukan dari Allah akan melakukan segala sesuatu untuk menyenangkan dunia: mengikuti cara dunia, menceritakan yang enak didengar telinga, menjanjikan sesuatu kenikmatan dengan cara memanipulasi kebahagiaan, mencemarkan hidup demi kepuasan, dan tidak menghargai hidup pemberian Tuhan.

 Doa:       Terimakasih Tuhan Yesus yang sudah memberikan Roh Kebenaran bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia untuk menyelamatkan kami. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 25 Mei 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.