Kamis, 24 Mei 2018

MILIK ALLAH DIJAMIN ROH KUDUS

Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaanNya (Efesus 1:14)

1 Ptr. 4:3-6                               BE. 112:3                        Mzm. 107:33-38

           Gereja adalah para murid dan orang percaya yang menerima kuasa dalam Roh Kudus dan diutus Yesus Kristus untuk menjadi saksiNya di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kisah 1:8). Jadi melalui pemberitaan Kerajaan Allah dengan kuasa Roh Kudus, kita dijamin sebagai milik Allah untuk memuji kemuliaanNya. Artinya, andai kata tidak ada pemberitaan Kerajaan Allah melalui perangai dan perbuatan kasih orang percaya berdasarkan Kasih Allah, maka keselamatan bagi Gereja, yaitu para murid dan orang percaya, tidak nyata dan tidak diberlakukan, baik sekarang maupun di akhir zaman.

Sebab itu, setiap Gereja dan orang percaya ditugaskan memberitakan Kerajaan Allah yang telah dinyatakan dalam kasih dan pengorbanan Yesus Kristus.  Pemberitaan itu tak cukup hanya melalui ibadah persekutuan di dalam Bait Allah atau di gedung Gereja, tetapi juga melalui pemberitaan dalam perangai, perilaku dan perbuatan kasih orang-orang percaya berdasarkan Kasih Allah dalam Yesus Kristus, ber paradigma rela berkorban dan mendahulukan orang lain, memuji memuliakan Allah dengan keseluruhan hidup kita (Roma 12:1).

Upaya dan perbuatan orang percaya adalah gereja yang melaksanakan tugas pemberitaaan Kerajaan Allah dan pernyataan kepada dunia bahwa kita milik Allah yang dijamin Roh Kudus. Hidup ataupun mati, kita milik Tuhan (Roma 14:8). Dengan demikian kita telah menjadi Gereja bukan hanya bagi diri kita masing-masing, akan tetapi juga bagi orang lain; the Church for other people.

 Doa:       Ya Tuhan, Allah Bapa dalam Yesus Kristus,  aku adalah milikMu untuk memuji kemuliaaanMu. Biarlah Roh Kudus menuntun hidupku sesuai kehendakMu. Amin. (BDFS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.