Rabu, 23 Mei 2018

ROH YANG MENGHIDUPKAN

Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup (Yohanes 6:63)

Rm. 8:9-11                                 BE. 558:3                          Zak. 12:7-10

             Yesus berkata kepada orang banyak itu: “Akulah roti hidup yang turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah dagingKu, yang akan kuberikan untuk hidup dunia” (Ayat 53). Mendengar perkataan Yesus itu, banyak orang bersungut-sungut dan Yesus kembali menegaskan: “Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman” (Ayat 54).

Perkataan Yesus itu sukar dipahami dan diterima oleh orang banyak, yaitu makan daging Anak Manusia dan minum darahNya. Yesus memberikan jawaban atas perkataanNya supaya dipahami secara rohani, tidak secara jasmani dan duniawi. Rohlah yang memberi hidup. Nyawa atau roh adalah yang menggerakkan dan menghidupkan tubuh ini. Namun, mereka sukar memahaminya karena mereka belum percaya. Kalau mereka percaya, mereka akan tunduk pada ajaran yang diberikan oleh Yesus, bukan mendebatnya.

Sebagaimana disebutkan pada nats ini, perkataan-perkataan yang disampaikan oleh Yesus adalah roh dan hidup. Perkataan Yesus atau Firman Tuhan telah tertulis dalam Alkitab. Oleh sebab itu, kita harus rajin dan tekun membaca Firman Tuhan, karena Firman itu memberikan kehidupan. Dengan memahami atau mengartikan ungkapan Yesus secara rohani, hal itu akan menggerakkan jiwa, membuatnya menjadi hidup dan bergairah. Roh yang menghidupkan mereka yang rohani, akan dihidupkan oleh perkataan Yesus.

 Doa:       Ajarlah kami ya Tuhan untuk mengerti dan menerima FirmanMu dalam Roh dan Kebenaran sehingga hidup kami digerakkan oleh Roh dan menggairahkan. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 23 Mei 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.