Selasa, 22 Mei 2018

KITA ADALAH BAIT ALLAH

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? (1 Korintus 3:16)

Kis. 8:14-17                            BE. 461:1                                  Kej. 11:1-9

           Sering kita mendengarkan perkataan: Tubuhmu adalah bait Allah. Oleh sebab itu, kita dilarang untuk melakukan apapun yang dapat mencemarkan diri kita atau tubuh kita. Jika kita berbicara tentang bait Allah maka yang muncul di dalam pikiran kita adalah sebuah bangunan yang dipakai untuk menyembah Allah, atau sebuah persekutuan orang-orang percaya yang menyembah Allah. Bait Allah adalah milik Allah oleh karenanya Bait Allah harus Kudus.

Dalam pemahaman orang Israel, Bait Allah adalah tempat Allah untuk menemui umatNya; saat orang-orang datang ke bait Allah, maka saat itu pula Allah datang menghampiri mereka. Ingat bait Allah yang dibangun oleh Salomo itu sudah hancur rata dengan tanah demikian juga yang dibangun oleh Herodes. Semua hanya tinggal kenangan dan sejarah saja. Jika demikian, dimanakah bait Allah itu saat ini? Jika bait Allah tidak ada lagi, apakah Allah tidak menemui manusia lagi? Dalam situasi seperti itulah Paulus mengatakan kepada jemaat di Korintus, bait Allah adalah kamu sendiri atau kamu adalah bait Allah dan Roh Allah diam di dalam kamu.

Allah tidak lagi harus menunggu ada sebuah gedung atau bangunan untuk tempat berkumpul orang percaya agar Ia datang untuk menghampiri. Allah datang langsung kepada diri setiap orang yang percaya kepadaNya. Yesus sendiri mengucapkan: ”Tinggallah di dalam Aku dan Aku  di dalam kamu. Sama seperti ranting, tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau dia tidak tinggal pada pokok anggur”,  Untuk itu cerminkanlah sesuatu yang indah dan baik bagi semua orang, agar lewat hidupmu orang akan melihat kemuliaan Allah.

Doa:       Ya Tuhan, ingatkanlah aku bahwa sesungguhnya tubuhku ini adalah baitMu, agar aku selalu mencerminkan sesuatu yang indah bagi sekelilingku. Amin. (LHMS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Selasa, 22 Mei 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.