Kamis, 17 Mei 2018

DOA UNTUK PEMULIHAN

Ingatlah, ya Tuhan, apa yang terjadi atas kami, pandanglah dan lihatlah akan kehinaan kami (Ratapan 5:1)

Rm. 8:18-25                               BE. 114:2                              Mzm. 55:1-8

           Buku Ratapan memuat syair ratapan sekaligus doa atas jatuhnya Yerusalem ke tangan tentara Babel dan atas kesedihan yang akan dialami bangsa itu di masa pembuangan. Nats ini meru-pakan pembukaan doa syafaat dan curahan hati, mengakui bahwa sekalipun Allah sedang murka kepada bangsa Israel, tetapi Allah masih mau mendengar pengakuan dosa dan permohonan yang mereka serukan agar mereka dikembalikan ke negeri asalnya.

Dan memang, Allah menanggapi permohonan mereka itu dan memberikan pengampunan dan kemurahan pada mereka. Allah murka kepada bangsa Israel karena mereka melakukan dosa di hadapan Allah, sehingga diberi hukuman berat dengan membiarkan mereka di jajah oleh bangsa lain dan menderita di pembuangan. Penderitaan bangsa yang dijajah sangat berat, secara jasmaniah dan emosional sudah putus harapan, seperti anak yatim yang tidak punya bapa, dipandang hina dan rendah, merasa diperbudak. Penganiayaan dan ketakutan menjadi pengalaman biasa di kalangan mereka.

Kitab Ratapan melalui ayat ini mengajarkan kita untuk tetap berseru kepada Allah di dalam menghadapi pencobaan berat atau situasi yang sangat buruk, atau mungkin ketika sedang menghadapi hukuman berat dari Allah. Kita harus sanggup untuk bersyukur, memuji dan menyerahkan semua pergumulan yang kita hadapi kepada Allah, sumber pertolongan kita. Kita memohon agar diberi hikmat, penge-tahuan dan kekuatan untuk dapat memenangkan pergumulan itu. Kita mohon kekuatan, supaya tidak dijajah dan diperbudak baik oleh kuasa-kuasa dunia ini, maupun oleh dosa dan nafsu kedagingan kita.

 Doa:       Tuhan, hanya Engkau yang sanggup menolong kami dan memuihkan kami. Hanya Engkau tempat kami mengadu. Tolonglah kami. Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 17 Mei 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.