Selasa, 8 Mei 2018

 

IBADAH ORANG PERCAYA

Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang (1 Tim. 2:1)

2 Kor. 13:7-9                             BE. 814:1                           Mzm. 69:14-9

             Nats ini adalah bagian dari nasehat penggembalaan Paulus kepada Timotius selaku anak rohaninya, dalam melanjutkan pelayanan jemaat di Efesus. Paulus menasehatkan memperta-hankan kemurnian Injil dari pencemaran oleh guru-guru palsu. Ia juga mengharapkan dan mendoakan Timoteus memperjuangkan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni (1 Tim 1:18) supaya Timotius tetap setia terhadap kehendak Allah yang dinyatakan untuk hidupnya.

Lebih lanjut Paulus menasehatkan supaya Timotius dan orang-orang percaya di Efesus berdoa syafaat untuk semua orang, termasuk untuk raja-raja dan semua pembesar supaya mereka diberikan hikmat Tuhan dalam menjalankan tugas pelayanan mereka, sehingga jemaat Tuhan dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang berkenan kepada Allah yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran Firman (Ayat 2-3).

Oleh karena itu nats ini mengingatkan kita orang percaya bahwa dalam setiap melakukan ibadah memuji memuliakan Tuhan, harus memperhatikan hal-hal berikut: Pertama, menaikkan permohonan kepada Allah untuk semua orang, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Kedua, menaikkan doa syafaat bagi para pemimpin bangsa kita dan pimpinan Gereja kita, supaya mereka takut kepada Tuhan dan diberikan hikmat menciptakan kedamaian dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketiga, selalu mengucap syukur, karena semua keberadaan kita, dapat makan minum dan menikmati kesenangan, adalah pemberian Allah (Pengkotbah 3:13).

 Doa  :     Tuhan, ajar kami beribadah kepadaMu dengan saling
mendoakan sesama kami, para pimpinan negara kami dan
para pimpinan Gereja kami.
Amin. (SS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.