Rabu, 2 Mei 2018

BERAKAR DAN DIBANGUN DI ATAS KRISTUS

Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Klose 2:7)

Kol .3:16-17                              BE. 11:15                             Mzm. 96:1-4

 

Ada tiga kali dikatakan “hendaklah kamu” dalam nats ini. Yang pertama hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia. Akar berfungsi untuk mencari makanan agar tumbuhan hidup sampai dengan berbuah. Akar juga menjadi kekuatan tumbuhan saat menghadapi angin kencang dan badai agar tetap kuat. Demikian juga dengan kita, hanya dapat bertumbuh kalau makan makanan rohani dengan teratur dari firman Tuhan. Kita juga akan kuat menghadapi godaan dan pergumulan hidup bila pondasi kita ada di dalam Yesus Kristus (Matius 7:24). Karena itu marilah kita tekun hidup dalam firman Tuhan karena firman Tuhan itulah kekuatan kita.

Kedua, ”hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu”. Tidak ada cara lain agar makin teguh dalam iman kecuali kita semakin tekun mendengar firman Tuhan, mere-nungkan dan melakukannya. Dengan tegas diingatkan bahwa iman timbul dari pendengaran dan pendengaran akan firman Tuhan (Roma 10:17). Jadi tidak mungkin iman teguh tanpa mendengarkan firman Tuhan. Rohani kita harus diberi makanan rohani yaitu firman Tuhan supaya sehat dan bertumbuh. Rohani kita harus sehat, maka berikanlah makanannya yaitu dengar firman Tuhan dan tekun berdoa.

Ketiga, ”hendaklah hatimu melimpah dengan syukur”. Dalam hidup ini tidak selalu sukacita, ada kalanya pergumulan, penderitaan, bahkan dukacita. Dalam semuanya itu kita diajar untuk bersyukur karena di balik semua itu ada rencana indah dari Tuhan untuk kita.

 Doa:       Tolonglah saya Tuhan, supaya saya senantiasa berakar dan dibangun di atas FirmanMu, agar imanku kepadaMu semakin kuat. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 2 Mei 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.