Senin, 30 April 2018

BERSYUKURLAH KEPADA TUHAN

Aku mau bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatanMu yang ajaib (Maz. 9:2)

Kol. 3:1-4                                    BE. 14:1-2                           Mzm. 118:5-9

           Pemazmur, yaitu Raja Daud, menaikkan puji syukurnya kepada Tuhan karena Tuhan itu baik padanya. Raja Daud mencoba menghitung berkat-berkat Tuhan yang luar biasa yang sudah Tuhan anugerahkan kepadanya. Dari seorang gembala domba diangkat menjadi raja. Dalam menghadapi musuh-musuhnya yang menginginkan nyawanya, Tuhan melepaskannya. Dalam peperangan melawan bangsa lain, Tuhan senantiasa di pihaknya. Bahkan Tuhan berjanji tahta kerajaan tidak akan terlepas dari keturunannya.

Daud belajar menghitung hari-harinya sedemikian sehingga dia beroleh hati yang bijak dan mengakui apa yang ada padanya hanyalah karena berkat Tuhan. Bukan karena kekuatannya, bukan karena kepintarannya, bukan karena keberaniannya tetapi sepenuhnya hanya karena Tuhan sendiri. Karena itu Daud sering mengatakan siapakah aku ini Tuhan sehingga beroleh karuniaMu. Daud sadar siapa dia, karena itu mulutnya penuh pujian senantiasa bersyukur kepada Tuhan dan menceritakan segala perbuatan Tuhan kepadanya.

Bagaimana dengan kita. Pernahkan kita menghitung hari-hari kita? Bagaimana hasil penghitungan hari-hari itu. Apakah membawa kita kepada pengakuan betapa baiknya Tuhan itu kepada kita? Betapa besar dan agungnya anugerah Tuhan yang telah kita terima sehingga mulut kita bersyukur kepada Tuhan sebab Ia baik. Ucapan syukur kita harus disertai dengan melakukan yang baik. Mari kita merenung ulang, apakah kita sudah memuliakan Tuhan melalui semua yang kita lakukan? Marilah kita teladani Daud, sebelum melakukan apapun ia  bertanya kepada Tuhan tentang apa yang boleh dilakukannya.

Doa:       Ajarlah aku ya Tuhan melihat ajaibnya anugerahMu dalam hidupku, supaya mulutku senantiasa bersyukur kepadaMu. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 30 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.