Selasa, 24 April 2018

MENAIKKAN SYUKUR DAN PUJI-PUJIAN ATAS PERTOLONGAN TUHAN

Lalu berdoalah Hana, katanya: “Hatiku bersukaria karena Tuhan, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh Tuhan; mulutku mencemoohkan musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolonganMu.” (1 Samuel 2:1)

 Yoh. 10:22-28                              BE. 487:3                              Kej. 6:1-22

           Nyanyian Pujian Hana adalah ungkapan perasaan syukur terima kasih Hana kepada Tuhan Allah, yang telah memberikan dia seorang putra. Seandainya setelah sekian lama bertahun-tahun anda berdoa memohon sesuatu kepada Tuhan dan akhirnya doa anda dijawab sesuai dengan keinginan anda, apa isi doa ungkapan syukur anda? Biasanya kita hanya mengucapkan terima kasih dan memuji akan kebaikan Tuhan. Tetapi melalui nyanyian pujian Hana, kita bisa melihat pengakuan keyakinannya terhadap Tuhan Allah.

Ada beberapa di antaranya yang bisa kita pelajari. Pertama, Allah yang kudus, menjadi tempat bersandar dan semua tindakan Allah semata-mata karena kekudusan dan keadilanNya (1Sam 2:1-2). Kedua, Allah yang maha tahu dan terus aktif bekerja memelihara dan melindungi umatnya (1Sam 2:3-6 & 9), tidak ada sesuatu pun yang dapat memisahkannya dari kasih Allah. Ketiga, Allah terus menyatakan keadilan-Nya, Allah membela orang yang lemah, mereka yang tadinya hina dan tertindas akan ditinggikan Allah dan diberikan kehormatan (1 Sam 2:7).  Nyanyian Hana ditujukan bukan kepada Penina atau orang tertentu, tetapi kepada bangsa Israel atau setiap orang umat percaya.

Marilah kita belajar dari Hana, dengan mengekspresikan sukacita dan keyakinan kita atas berkat-berkat pemeliharaan Tuhan setiap harinya melalui pengakuan dan penghayatan akan kekudusan dan keadilan Allah dalam tutur kata dan perbuatan kita.

 Doa:       Terpuji-pujilah namaMu Tuhan Yesus atas semua yang Tuhan berikan kepada kami. Engkaulah yang kami andalkan dalam perjalanan hidup kami. Amin.  (SSi)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 24 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.