Senin, 23 April 2018

MENJADI SAKSI KRISTUS DALAM KEHIDUPAN

Bersyukurlah kepada Tuhan, serukanlah namaNya, perkenalkanlah perbuatanNya di antara bangsa-bangsa! (Mazmur 105:1)

Mat. 9:20-25                               BE. 781”1-3                        Ams. 2:10-22

            Kalau ada yang  bertanya: apakah ukuran kehidupan seorang Krinsten ? Tentu ada yang mengatakan: Setiap hari melakukan saat teduh, ikut dalam pelayanan di Gereja dan hadir setiap Minggu dalam ibadah. Tetapi ada juga yang mengatakan: Kita tidak mungkin bisa mengukurnya hanya Tuhanlah yang mengetahuinya. Tentu berbagai pendapat bisa diungkapkan tentang ukuran tersebut.

Untuk memperkenalkan perbuatan-perbuatan Tuhan didalam kehidupan kita diantara bangsa-bangsa, ada 3 kesaksian Alkitab yang bisa menjadi ukuran. Pertama, kata Yesus: “Engkau adalah garam dunia, engkau adalah terang dunia (Matius 5: 13-14). Kedua, “engkau adalah surat Kristus yang terbuka yang dibaca oleh semua orang” (2 Kor 3: 2-3), dan ketiga, “mereka disukai oleh semua orang” (Kisah 2: 47). Dengan ukuran yang disaksikan oleh Alkitab tersebut kita berbeda dalam keberadaan pada lingkungan dimana kita berada.

Menjadi garam dan terang dunia, membuat kita tampil menjadi yang terbaik dalam banyak hal. Garam adalah penyedap rasa, dan sebagai garam dunia, kita membawa keindahan dan kesenangan bagi lingkungan dimana kita berada.  Menjadi terang adalah keberadaan kita yang membawa kebenaran dalam tingkah laku dan perbuatan kita diantara sesama. Tingkah dan perbuatan kita yang membawa kein-dahan pada lingkungan dimana kita berada, membuat kita menjadi surat Kristus yang terbuka dan dibaca oleh semua orang. Tutur kata kita, sikap dan tindakan kita membuat orang hormat kepada kita. Akibatanya kita disukai oleh semua orang. Dengan sikap dan perilaku seperti yang diamanatkan oleh firman Tuhan tersebut, kita menjadi saksiNya dan nama Tuhan dipermuliakan.

Doa : Bapa, perbaharuilah hidupku supaya aku menjadi saksiMu dalam kehidupanku sehari-hari. Amin (TSH)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.