Kamis, 19 April 2018


TUHAN ADALAH GEMBALAKU

Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku (Maz. 23:1)

Ibr. 13:20-21                                BE. 188:1-2                    Yob. 31:24 -34

         Mazmur ini ditulis oleh Daud dan digolongkan ke dalam mazmur nyanyian. Daud menyusun puisi ini sebagai ekspresi murni berupa ucapan syukur atas pemeliharaan Tuhan di dalam dan sepanjang hidupnya. Perikop ini dibuka dengan kalimat “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.” Disini Daud memberikan satu penegasan bahwa, dalam hidupnya, Tuhan digambarkan sebagai sosok gembala. Apabila kita mengamati bahwa seorang gembala tidak pernah jauh dari domba-dombanya. Gembala mengenal dombanya dan demikian sebaliknya. Dia tidak saja mencukupi kebutuhan domba dengan memberi mereka makan, tapi juga dari ancaman musuh.

Melalui perikop ini kita bisa melihat suatu cara dalam membangun dan menghormati Allah dalam menanggapi kecemasan dalam hidup kita. Dan disini kita didorong untuk percaya kepada Allah sebagai Gembala yang baik dan setia, dan bersukacita dalam anugerahNya. Meskipun kita tahu bahwa ketika menyerahkan hidup kita kepadaNya, tidak menjamin bahwa masalah langsung terselesaikan sebagaimana yang kita harapkan, namun satu hal yang perlu kita pegang bahwa Allah tidak akan meninggalkan kita, Ia akan memberikan keyakinan kepada kita mengenai apa yang akan dilakukanNya, bahwa Ia akan selalu memelihara kehidupan kita.

Oleh karena itu, percayalah kepada Allah sebagai Gembala yang setia dan bersukacitalah di dalam anugerah-Nya. Berserah dan berlindunglah kepadaNya sebab Dialah yang mengendalikan segala sesuatu kejadian dan berbagai masalah. Allah yang kita sembah adalah Allah yang peduli, Allah yang berbela rasa terhadap umatNya, Allah yang berkuasa atas kehidupan, Allah yang dapat diandalkan.

Doa:       Ya Tuhan, Engkaulah Gembalaku. Ajar aku untuk percaya atas pemeliharaanMu, sehingga aku tidak perlu khawatir di dalam hidupku. Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 19 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.