Rabu, 18 April 2018

HIDUP DALAM ANUGERAH ALLAH
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu (Matius 7:7)

1 Ptr. 2:21-25                              BE. 789:2                          Mzm. 118:1-4

Kata kerja meminta, mencari, mengetok (Yunani: aiteozeteo, krouo) menunjukkan proses yang dilakukan terus menerus tanpa berhenti. Artinya, kita harus terus meminta, mencari dan mengetok sampai yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan, menjadi kenyataan. Kebutuhan berbeda dari keinginan. Membutuhkan berarti menyadari bahwa kita membutuhkan makanan, pertolongan, kasih sayang Tuhan selama hidup. Menginginkan, menyangkut hasrat untuk memiliki sesuatu yang lebih dari kebutuhan yang ukurannya ditentukan sendiri. Karena itu, setiap orang percaya harus meminta sesuai kebutuhan dan bukan keinginan.

Kata “mintalah” memberikan makna bahwa kita tidak memiliki, karena semuanya adalah milik Tuhan yang dititipkan pada kita. Kata “carilah” memberikan makna bahwa berdoa saja tidak cukup, melainkan harus terus dicari hingga mendapatkan yang dibutuhkan. Kata “ketoklah” memberikan makna bahwa kita harus selalu meminta persetujuan dari Tuhan serta menyampaikan kebutuhkan kita dengan terus terang tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Dengan demikian, harus ada kejujuran dari pihak pemohon. Kita terus meminta, mencari dan mengetok bukan karena tidak pernah diberi, tetapi karena kita masih terus menerus membutuhkan. Itupun harus sesuai dengan persetujuan Tuhan. Esensi dari ketiga kata kerja meminta, mencari dan mengetok itu adalah “menjalin hubungan baik” dengan Tuhan dengan cara rajin membaca Alkitab, berdoa, beribadah dan memberitakan Firman Tuhan.

Doa:       Tuhan, terima kasih telah mengajar kami untuk meminta, mencari dan mengetok, dan Tuhan telah menganuge-rahkan segala kebutuhan kami. Amin.  (DEL)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.