Selasa, 17 April 2018

MILIKKU UNTUKMU TUHAN

Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan Tuhan telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari padaNya (1 Samuel 1:27)

Yoh.  21:20-23                           BE. 255:1                               Hos. 11:8-11

         Sudah sewajarnya buah hati adalah dambaan setiap insan dalam hidup berumah tangga. Demikian halnya terjadi pada pasangan suami istri Hana dan Elkana pada saat itu. Keduanya adalah anak-anak Tuhan yang setia dan taat beribadah. Mereka merindukan hadirnya seorang anak, namun Tuhan telah menutup kandungannya. Keadaan ini menjadi beban pergumulan tersendiri bagi Hana. Meski demikian karena kedekatannya pada Tuhan, maka ia selalu bawa pergumulannya itu pada setiap doa di hadapan Tuhan.

Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Dia berkenan membuka kandungannya, sehingga setahun kemudian Hana melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Samuel yang artinya Allah mendengar, nama Allah itu besar. Karunia indah yang diterima pasangan ini, disadari Hana sebagai jawaban atas doa-doanya. Dia mengaku Tuhan itu sungguh baik. Tuhan telah mengabulkan doanya. Setiap pemberian adalah juga sekaligus tanggungjawab. Setelah menyapih anaknya, Samuel pun dibawalah ke rumah Tuhan di Silo. Hana ingin memenuhi nazar yang pernah disampaikan pada Tuhan dengan menyerahkan anak tersebut untuk melayani di rumah Tuhan.

Saudaraku, bagaimana dengan kita? Bagaimana kita menin-daklanjuti respon Tuhan mengabulkan doa kita? Apakah kita menyadari setiap berkat yang kita terima adalah pemberian Tuhan? Ketika kita membuka diri dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus akan menolong, mendorong dan memampukan kita untuk bisa memper-sembahkan semua milik kita untuk kemuliaan Tuhan.

Doa:       Tuhan, hidupku dan milikku adalah pemberianMu. Ajarlah dan kuatkanlah aku mempersembahkan hidupku dan segala milikku untuk kemuliaanMu. Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 17 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.