Sabtu, 14 April 2018

BERBAHAGIALAH YANG SUCI HATINYA

Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah (Matius 5:8)

Yoh. 21:15-19                          BE. 215:6                                Ayub 41:1-14

         Nats ini adalah sebagian dari khotbah Yesus di bukit. Kata “berbahagia” ini menunjuk kepada kesejahteraan semua orang yang karena hubungan mereka dengan Kristus dan FirmanNya, menerima Kerajaan Allah, yang meliputi kasih, perhatian, keselamatan dan kehadiran Allah hari lepas hari. Yang suci hatinya  adalah mereka yang dibebaskan dari kuasa dosa oleh kasih karunia Allah dan kini berusaha tanpa tipu daya untuk menyenangkan hati Allah dan memuliakan Dia, mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan. Jadi hanya orang yang hatinya suci saja yang akan melihat Allah, demikian kata-kata Yesus. Dan kata-kata itu menjadi suatu peringatan bagi kita semua, bahwa dengan berkat Tuhan kita dapat memelihara kesucian hati kita, mengalahkan nafsu manusiawi kita; kita menjadi anakNya dan tinggal di hadapanNya, sekarang dan di masa yang akan datang.

Kotbah di bukit merupakan proklamasi pengajaran Yesus tentang Kerajaan Allah dalam pelayananNya. Pada ujung kotbah Yesus tersebut dikatakan: “Takjublah orang banyak itu mendengar penga-jaranNya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak sebagai ahli-ahli Taurat mereka” (Matius 7: 28–29). Yesus mengajarkan tentang apa dasar kebahagiaan bagi kehidupan orang yang percaya kepadaNya, yaitu hati yang suci.

Nats ini mengingatkan kita bagaimana seharusnya perilaku kita sebagai pengikut-pengikut Kristus. Diminta supaya kita merenung sejenak dan berfikir, serta memeriksa diri sendiri: Apakah hati kita sudah benar-benar suci di dalam gereja dan di dalam kehidupan sehari-hari tanpa pura-pura dan kemunafikan?

 Doa:       Tuhan Yesus, kuatkan kami memelihara dan menjaga hati dan tubuh kami tetap suci supaya Tuhan berkenan tinggal bersama kami dan kami menjadi bahagia. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 14 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.