Jumat, 13 April 2018

 

MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK DIUTUS

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Ketika Aku mengutus kamu dengan tiada membawa pundi-pundi, bekal dan kasut, adakah kamu kekurangan apa-apa?” Jawab mereka:

“Suatupun tidak .” (Lukas 22: 35-36a)

Rm. 15:7-13                                BE. 266:3                          Ayub 38:22-30

            Lukas, penulis Kitab Injil ini, adalah orang Yunani dari Antiokhia. Pada suatu saat terjadilah pertengkaran diantara murid-murid Yesus. Siapakah yang terbesar diantara mereka. Tuhan Yesus berkata: ”Yang terbesar di antara kamu hendaklah sebagai paling muda dan pemimpin sebagai pelayan” (Ayat 26). Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan. Pertanyaan: Siapakah yang paling besar diantara mereka? Jawabannya tentu Yesus lah yang paling besar.

Pertengkaran antar murid-murid itu menandakan bahwa walaupu Yesus telah menubuatkan penderitaan yang akan dilalui, mereka masih belum memahami penjelasan Yesus. Bahkan Petrus secara spontan mengatakan bersedia dipenjarakan dan mati bersama Yesus. Maka Yesus menjawab: “Aku berkata padamu Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal Aku” (Ayat 33-35). Yang artinya bahwa Yesus sudah tahu apa yang akan terjadi nanti sebelum dan sesudah Dia disalibkan.

Yesus mengingatkan murid-muridNya bahwa penderitaan sudah dekat dan nubuat para nabi tentang Yesus akan digenapi. Sebab itu Yesus menasehati para muridNya untuk mempersiapkan diri, mempersiapkan segala kebutuhan atau pundi-pundi, termasuk alat-alat pertahanan diri mengalahkan kezaliman dan pedang kekuatan iman. Terutama setelah Yesus mati disalibkan, akan banyak orang yang memandang rendah kepada murid-muridNya karena Tuhan mereka mati. Pelecehan seperti itu harus dihadapi dengan iman yang teguh.

Doa:       Perlengkapi aku Tuhan untuk Engkau utus memberitakan keselamatan kepada orang yang belum menerima Yesus menjadi Tuhan dan Juruselamatnya. Amin. (Vic.S)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Jumat, 13 April 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.