YESUS KRISTUS TELAH BANGKIT        

Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati (2 Timotius 2:8a)

1 Kor. 15:21-28                          BE. 738a:2                         Yes. 60:17-22

         Surat Paulus yang kedua ini kepada Timoteus merupakan surat terkhir yang dia tulis dari penjara di Roma. Paulus dipenjarakan oleh kaisar Nero untuk menghentikan perkembangan kekristenan di Roma, dengan penganiayaan yang bengis terhadap orang percaya. Tidak lama kemudian, Paulus dihukum mati sebagai martir. Inti nasehat Paulus adalah supaya Timoteus tidak takut dan tetap setia membe-ritakan kebenaran Injil. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban (2 Tim. 1:7), dan itulah yang harus dikobarkan oleh Timotius.

Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan jangan merasa malu karena Paulus seorang hukuman di penjara. Kristuslah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan khusus, bukan berdasarkan perbuatan kita melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia Tuhan sendiri dalam Kristus Yesus Juruselamat kita. Melalui Yesus kita memperoleh hidup kekal.

Jadi nats ini mengingatkan Timotius maupun bagi setiap orang percaya bahwa, pertama, Timotius agar tetap berdiri teguh di tengah-tengah kemerosotan yang merajalela, hasutan-hasutan nabi palsu, dan lain-lain. Paulus melanjutkan mengatakan: ”Peliharalah Injil yang kuberitakan itu, itu bukan injil manusia dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh pernyataan Yesus Kristus”. Kedua, jangan melupakan Kristus yang telah disalibkan itu, menderita sengsara, mati, dikuburkan dan bangkit dari antara orang mati untuk menyelamatkan orang percaya. Oleh sebab itu, semua kita orang percaya akan dibangkitkan dan beroleh hidup yang kekal.

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus telah mati dan bangkit untuk menebus kami orang berdosa. Tuntun kami untuk tetap setia padaMu. Amin. (SS)