Rabu, 4 April 2018

 

KEHIDUPAN DI DALAM YESUS

Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati (Yohannes 11:25)

Mat. 9:18-26                                 BE. 644:2                       Ayub 15:14-19

Yesus menjawab Martha yang mengatakan bahwa kebangkitan setelah kematian hanya terjadi pada akhir zaman. Tetapi Yesus mau membuktikan kepada Martha dan orang banyak bahwa Yesus juga berkuasa atas kematian sebelum akhir zaman. Kebangkitan pada akhir zaman sudah diajarkan oleh hukum Taurat kepada orang Yahudi, sehingga Martha dan orang-orang lainnya tidak percaya bahwa Yesus bisa membangkitkan Lazarus dari kubur.

Narasi pada Yohanes 11: 7 mengatakan: “Maka ketika Yesus tiba, didapatiNya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur“. Dalam pengajaran Yahudi, roh orang yang mati masih ada di sekeliling jenazahnya selama 3 hari. Tetapi pada hari ke-empat roh itu sudah meninggalkan badannya. Dalam keadaan ini, apapun yang dilakukan tidak mungkin lagi menghidupkan jenazah tersebut karena rohnya sudah meninggalkan tubuhnya. Itulah sebabnya Martha mengatakan bahwa kebangkitan hanya bisa terjadi pada akhir zaman.

Yesus mau mengatakan dan membuktikan bahwa Dia dan Bapa adalah satu (Yohanes 10: 30) dan kuasa atas kematian dan kehidupan ada di tanganNya. Yesus mau menyatakan kuasaNya sehingga semua orang yang hadir di depan kubur Lazarus percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Mesias yang mereka tunggu-tunggu. Di depan kubur Yesus berdoa: “Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku”. Sesudah berkata demikian Yesus berseru: “Lazarus, marilah keluar“. Kemudian orang yang mati itu datang keluar. Itulah bukti bahwa Yesuslah kebangkitan dan hidup.

Doa :      Terpujilah Engakau Bapa karena Engkau memberikan kehidupan yang kekal kepadaku. Amin (TSH )

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.