NAMAMU TERDAFTAR DI SORGA

Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga (Lukas 10:20)

Mat. 26:1-13                              BE. 495:1+4                               Yl. 2:23-27

               Nats ini adalah respon Yesus menanggapi laporan 70 orang murid-muridNya yang merasa telah berhasil menaklukkan setan-setan dengan mengandalkan kuasa Tuhan Yesus. Yesus meluruskan pandangan mereka yang keliru.  Missi mereka bukan untuk menaklukkan atau mengusir setan-setan, akan tetapi mengajar dan membaptis orang-orang supaya menjadi murid-murid Yesus (Mateus 28: 18-20), supaya nama mereka terdaftar di sorga.

Tentu di sekitar kita iblis selalu bergentayangan menggoda kita supaya tidak setia mengikut Tuhan Yesus. Godaan itu dapat berupa kenikmatan nafsu kedagingan, harta benda, jabatan dan lain-lain. Bahkan untuk itu kita sering ditawarkan dengan mengandalkan diri pada kekuasaan kegelapan seperti dukun dan penyembahan berhala. Menghadapi kondisi seperti itu, tugas para hamba Tuhan dan Evangelis adalah: (1) Menyadarkan jemaat untuk percaya hanya kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Kasih, tidak pada kuasa-kuasa kege-lapan; (2) Mengusir setan atau kuasa kegelapan dari diri mereka atau keluarga mereka, melalui proses pelepasan ikatan dengan kuasa kegelapan; dan (3) Membawa mereka kembali hanya percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya.

Setiap kita orang percaya diberikan Tuhan Yesus kuasa untuk mengusir setan atau kuasa kegelapan. Artinya, dengan mengandalkan kuasa Tuhan Yesus, kita semua, hamba Tuhan dan Evangelis dan bahkan jemaat biasa, dapat memutuskan tali ikatan seseorang dari kuasa kegelapan. Untuk itu, kita sendiri harus tidak mempunyai ikatan dengan kuasa kegelapan, maka nama kita pun tercatat di sorga.

Doa   :    Tuhan Yesus, dengan mengandalkan kuasaMu perke-
nankan kami mengusir kuasa kegelapan dan membawa
orang kembali percaya hanya kepadaMu. Amin. (PJS)