MERDEKA UNTUK SALING MELAYANI

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih (Galatia 5:13)

 Roma 2:17-24                          BE. 417:1+2                              Ul. 2: 7-9

             Yesus Kristus telah menebus hidup manusia berdosa dari kuasa iblis, perbudakan dosa, dan upah dosa yaitu maut melalui pengorbananNya di kayu salib dan kematianNya. Melalui kebangkitanNya dari dunia orang mati dan kenaikan ke surga, setiap orang berdosa yang sungguh-sungguh percaya kepada Dia, artinya menerima dan mengandalkan Yesus Kristus saja sebagai Tuhan dan Juruselamat, terjamin pasti memperoleh hidup yang kekal (Yoh. 3:16; 6:47). Hanya melalui dan di dalam Yesus Kristus-lah kita menjadi benar di hadapan Tuhan. Tidak ada yang kurang lagi di dalam karya pene-busan hidup kita oleh Yesus Kristus.

Maka jika ada orang yang mengajarkan bahwa sunat dan hukum Taurat, termasuk melakukan perbuatan-perbuatan baik, masih harus dilakukan supaya semakin mantap dan layak untuk memperoleh keselamatan kekal, ajaran demikian adalah sesat (Gal.5:2-4).

Beragama Kristen saja tanpa iman yang benar, berarti masih berada di luar kasih karunia Tuhan. Iman yang benar kepada Yesus Kristus membuat berada di dalam kasih karunia Tuhan, merdeka dari kuasa Iblis, perbudakan dosa, dan ancaman maut. Lalu, kita pun merdeka untuk hidup bagi Tuhan, memuliakan dan melayani Tuhan melalui perkataan, perbuatan, dan pekerjaan baik kita (Ef. 2:10). Hidup ini tidak boleh lagi kita pakai sebagai kesempatan untuk memuaskan keinginan daging yang menghasilkan dosa (Gal. 5:19-21), melainkan menyenangkan hati Tuhan menghasilkan buah Roh (Gal. 5:22-23).

Doa:       Ya Tuhan, Bapaku, tolong aku untuk menyenangkan hatiMu sebagai syukurku atas kemerdekaanku oleh karena Yesus Kristus, Juruselamatku. Amin. (PSW)