KESELAMATAN ADALAH ANUGERAH ALLAH

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah (Efesus 2:8)

Yoh.8:21-30                               BE.194:1-2                              Yun. 2:1-10

                     Menurut Paulus, kita ini sebenarnya ada dalam keadaan mati dalam dosa dan pelanggaran, tetapi Allah dalam kasih dan karuniaNya membuat kita hidup kembali dalam Yesus Kristus. Paulus menekankan bahwa kita diselamatkan oleh iman. Keselamatan bukanlah usaha kita dan bukanlah hasil usaha kita. Keselamatan adalah anugerah Alllah semata-mata, dan kita hanya menerimanya saja. Pertama, Allah adalah sempurna; karena itu hanya kesempurnaan saja yang dapat sampai kepada Allah. Pada hakekatnya manusia tidak akan pernah mencapai kesempurnaan. Karena itu manusia bisa sampai kepada Allah hanya kalau Allah memberi jalan dan manusia menerimanya. Kedua, Allah itu kasih. Kasih menuntut pengorbanan diri sendiri. Untuk itu, Allah sendiri melalui Yesus berkorban menjadi manusia untuk disalibkan menebus dosa-dosa umat manusia

Demikianlah hubungan kita dengan Allah. Perbuatan dan karya kita, betapa pun baik, tidak dapat mendatangkan keselamatan; sebaliknya tentu ada sesuatu yang keliru  jika keselamatan yang kita peroleh itu tidak membuahkan perbuatan-perbuatan baik. Ini bukan berarti bahwa perbuatan-perbuatan baik itu kita lakukan karena kita berhutang kepada Allah, melainkan kasih Allah itulah yang mena-namkan kewajiban kepada kita untuk berusaha melakukan perbuatan-perbuatan baik sepanjang hidup kita.

Nats ini juga mengingatkan kita untuk memperoleh kesela-matan atau hidup kekal agar selalu kita mengimani dan mengandalkan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kapan saja dan dimana saja sepanjang hidup kita.

 Doa:       Terima kasih Tuhan atas kasih karuniaMu di dalam Yesus. Ajar kami berbuat baik kepada semua orang sebagai buah kasihMu kepada kami. Amin. (TDLB)