SUNGGUH-SUNGGUH MENGENAL KRISTUS

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung (2 Petr. 1:10)

Yak. 4:6b-10 BE. 443:1-2 Yer. 1:11-17

Nats ini adalah bagian dari nasehat Petrus kepada jemaat di Asia Kecil yang masih baru menerima dan mengenal Kristus sebagai Juruselamat mereka. Nasehat pembinaan diperlukan karena di tengah-tengah jemaat terdapat perilaku dan tindakan jahat dan nabi-nabi palsu. Oleh karena itu diperlukan penguatan dan pengenalan yang sungguh-sungguh dan benar mengenai Kristus. Untuk itu, Petrus menekankan antara lain: Pertama, setiap orang percaya agar dengan tekun mengejar kesalehan dan pengenalan yang benar akan Kristus, karena itu waspadalah supaya jangan terseret ke dalam kesesatan, atau pengaruh-pengaruh, yang tak mengenal hukum, maupun jangan kehilangan pegangan Firman Tuhan.

Kedua, bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam penge-nalan akan Tuhan Yesus sebagai Juruselamat kita. Sadarilah bahwa kita semua telah berdosa. Upah dosa adalah maut, tetapi kasih karunia Allah, kita beroleh hidup yang kekal dalam Yesus Kristus. BagiNya kemuliaan sekarang sampai selama-lamanya sehingga setiap orang tidak ada yang memegahkan diri.

Ketiga, jadikanlah panggilan dan pilihan Allah terhadap setiap orang percaya semakin teguh dan sungguh-sungguh mengimaninya. Bukan kamu yang memilih aku, tetapi akulah yang memilih kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah kata Yesus (Yoh. 15:16). Jadi setiap orang harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imannya kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, dan kasih.

Doa: Tuhan, ajar kami untuk mengenalMu dengan sungguh-sungguh supaya iman kami teguh dan mampu melak-sanakan perintah-perintahMu. Amin. (SS)