KASIH SETIA TUHAN MENUNTUN UMATNYA

Dengan kasih setiaMu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatanMu Engkau membimbingnya ke tempat kediamanMu yang kudus (Keluaran 15:13)

Luk. 10: 17-20                             BE. 149:1-2                           Yes. 43:1-7

Nats ini adalah bagian dari nyanyian pujian syukur umat Israel setelah mereka selamat dari pengejaran pasukan Mesir menyeberangi Laut Tiberau. Ketika mereka keluar dari Mesir, ternyata pasukan Mesir mengejar mereka. Mereka hampir tertangkap di tepi Laut Tiberau. Tetapi Tuhan menyuruh Musa mengulurkan tangannya ke arah laut itu maka terbelahlah air laut itu dan bangsa Israel bisa melanjutkan perjalanannya. Setelah mereka semua tiba di seberang, kembali Musa mengulurkan tangannya ke arah laut, dan laut itu kembali menyatu menenggelamkan semua pasukan Mesir dan semua bangsa Israel tiba di seberang dengan selamat.

Bangsa Israel menyanyikan pujian bagi Tuhan sebagai ucapan syukur atas pertolongan Tuhan menyelamatkan mereka dari penge-jaran pasukan perang Firaun. Tuhan telah menjadi pahlawan perang bagi Israel. Tangan Tuhan sangat perkasa menghancurkan pasukan Mesir. Kasih setia Tuhan telah menuntun umat pilihanNya.

Sadar atau tidak sadar, kita juga dalam kehidupan kita masing-masing sudah sering diselamatkan Tuhan dari berbagai mara bahaya. Kita harus selalu berlindung kepadaNya, sebagaimana FirmanNya mengatakan: “Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepa-daNya” (Nahum 1:7). Kita setiap hari diberkati dan diselamatkanNya. Oleh sebab itu seperti Musa dan bangsanya  bangsa Israel, kita juga patut setiap hari menyanyikan pujian kepada Tuhan yang telah menyelamatkan kita dari berbagai mara bahaya tersebut.

Doa:       Terima kasih Tuhan yang telah memelihara kami dan  menuntun kami keluar dari dan diselamatkan dari berbagai ragam bahanya. Amin. (PJS)