PEMELIHARAAN ALLAH

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma 8:28)

 Kis. 7: 54-8:1a                          BE. 728:1+5                        1 Sam. 3: 11-18

             Nats ini sangat menghibur anak-anak Tuhan ketika mereka harus menderita dalam hidup ini. Masalah-masalah mendorong kita  untuk memandang pada Allah dan bergantung padaNya dan bukan pada diri kita. Kita tidak akan pernah mengetahui bahwa Allah itulah  satu-satunya yang kita butuhkan sebelum Allah menjadi satu-satunya yang kita miliki. Apapun penyebabnya, tidak ada satupun masalah yang bisa terjadi tanpa seizin Allah. Karena setiap hari dari kehidupan kita sudah tertulis pada penanggalan Allah, dan segala sesuatu yang terjadi mempunyai manfaat rohani.

Tetapi perlu hati-hati untuk tidak salah mengartikan nats ini. Nats ini tidak berkata: “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu  untuk mendatangkan hasil sesuai dengan keinginan kita”. Juga tidak berkata: “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan  akhir yang bahagia di dunia”. Hal baik yang dikerjakan Allah ialah menjadikan  kita serupa dengan  Kristus (1 Kor. 2:9). Janji itu terbatas  bagi mereka yang sepenuhnya mengasahi Allah dan menyerahkan diri kepadaNya melalui iman  kepada Kristus.

Pengharapan kita merupakan suatu kepastian yang dida-sarkan pada kebenaran bahwa Allah sepenuhnya memegang kendali atas alam semesta dan atas segala apa yang terjadi dalam kehidupan kita, Allah adalah perancang yang agung di balik segala masalah. Allah memelihara kita melalui bimbingan Roh Kudus supaya tetap berkenan di hadapanNya dan berkemenangan dalam menghadapi masalah.

 Doa:       Terima kasih Tuhan yang turut bekerja memelihara kami, dan menguatkan kami untuk berkemenangan menghadapi pergumulan dan masalah kehidupan. Amin. (PMS)