TUHAN YESUSLAH MEMILIH KITA

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan mengha-silkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam namaKu, diberikanNya kepadamu (Yohanes 15:16)

Kis. 10:37-43                               BE. 727:1                         Mzm. 91:14-16

Masyarakat Batak, khususnya kita warga HKBP harus menyadari dan mensyukuri bahwa kita bukanlah secara kebetulan menjadi Kristen, akan tetapi adalah sungguh-sungguh karena dirancang Tuhan menjadi bangsa pilihanNya dan menjadi anak-anakNya. Pdt. Munson dan Pdt. Lyman dari Sending Boston dalam tahun 1834 datang membawa Firman ke Tanah Batak dan ternyata mereka dibunuh menjadi mati martir. Namun pembunuhan itu tidak membuat para misionaris lainnya menjadi gentar datang ke Tanah Batak. Firman itu sudah menjadi bagian hidup kita, bahakan melalui HKBP sudah mulai terberitakan ke seluruh wilayah Indonesia.

Bangsa Batak dipilih menjadi anak-anak Tuhan supaya kita menghasilkan buah-buah yang baik yang berkenan bagi Tuhan. Buah dimaksud mencakup dua hal, yaitu pertama, supaya HKBP sebagai lembaga dan jemaatnya menjadi pemberita Injil kepada masyarakat sekitarnya. Kedua supaya HKBP seabagai lembaga dan jemaatNya menjadi saluran berkat bagi masyarakat sekitarnya.

Supaya kita dapat melakukan kedua fungsi tersebut, Tuhan Yesus mensyaratkan  dua hal. Pertama, supaya kita sebagai ranting harus tetap melekat, bersandar kepada dan hidup dari Tuhan Yesus sebagai batang pohon (Ayat 1-8). Kedua, kita sendiri sesama warga HKBP harus saling mengasihi. Antara pendeta dan antar parhalado dan bahkan antar jemaat  harus saling mengasihi (Ayat 9-13).

 Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus yang telah memilih kami menjadi murid-muridMu. Mampukan kami menghasilkan buah-buah pemberitaan FirmanMu. Amin. (PJS)