TUHAN INGAT AKAN JANJINYA

Lalu firmanNya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini” (Keluaran 3:12)

Why. 22: 6-11                              BE. 268:1+3                         Kej.  3:9-19

             Tuhan tidak pernah lupa akan janjiNya. Nats ini menceritakan pemanggilan Musa untuk membawa ke luar umat Israel dari perhambaan di tanah Mesir. Sudah genap waktunya mereka harus keluar menuju tanah perjanjian. Sebelumnya Tuhan telah memberitahukan kepada Abraham bahwa keturunannya akan menjadi hamba di Mesir selama 400 tahun. Firman Tuhan kepada Abram: “Ketahuilah dengan sungguh-sungguh bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri yang bukan kepunyaan mereka dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya empat ratus tahun lamanya” (Kejadian 15:13).

Walaupun setelah 400 tahun, Tuhan tidak pernah ingkar akan janjiNya. Tuhan selalu menggenapi janjiNya. Tuhan memilih orang yang tepat untuk memimpin umatNya keluar dari Tanah Mesir yaitu Musa, setelah dia diproses selama 40 tahun jadi gembala di negeri Midian tempat Jetro mertuanya. Saat Tuhan mengutus Musa, dia bukan serta merta bersorak-sorak kegirangan karena ditunjuk sebagai pemimpin. Tetapi justru sebaliknya menolak, karena menyadari siapakah dia yang harus berhadapan dengan Firaun yang sangat berkuasa.

Nats ini adalah jawaban Tuhan kepada Musa. Walau Musa mencoba berdalih untuk menghindar, tetapi rencana Tuhan pasti digenapi. Demikian juga dengan kita, kalau Tuhan sudah memanggil kita untuk suatu tugas tanggung jawab, jangan mengelak atau berdalih karena Tuhan dalam Yesus Kristus akan menolong dan menyertai kita.

 Doa:       Tolonglah aku Tuhan Yesus untuk melakukan tanggung jawab saya sebagai orang percaya. Amin. (RP)